LAPORAN INDIVIDU
PRAKTIK PROFESI LAPANGAN ( PPL )
DI MA NU BANAT KUDUS SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2011/2012

DISUSUN OLEH :
LATHIFATUL HIDAYAH
NIM : 108199
JENJANG STUDI STRATA 1
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB ( PBA )
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
TAHUN 2011
PENGESAHAN
Laporan individu praktik provesi lapangan ( PPL ) di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus
yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli s/d 29 Agustus 2011 oleh:
Nama : Lathifatul Hidayah
NIM : 108199
Jenjang Studi : Strata 1
Program Studi : Pendidikan Bahasa Arab ( PBA )
Jurusan : Tarbiyah
Dapat disyahkan dan diterima sebagai
salah satu syarat guna menyelesaikan Jenjang Studi Strata 1 Program Studi
Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri
Kudus.
Kudus,
29 Agustus 2011
Dosen
Pembimbing Lapangan Kepala
MA Banat NU Kudus
Dr. Syaekhan
Mehith Drs.
H. Moh Said
KATA PENGANTAR
Syukur wa Alhamdulillah, segala puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq,
hidayah serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Individu
Praktek Profesi Lapangan (PPL) untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan
Studi Program PBA Strata 1 Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus. Tidak lupa sholawat
serta salam semoga terlimpahkan kepada Beliau tauladan umat manusia, junjungan
kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah menuju zaman islamiyah, dan semoga terlimpah
pula pada keluarganya, sahabat serta orang-orang yang ikhlas istiqomah berjihad
di jalan Islam hingga akhir zaman.
Pada kesempatan
kali ini, penyusun mencoba menskemakan sebuah pembelajaran yang paling efektif,
yakni belajar dari pengalaman. Salah satu bentuk pengejawantahannya adalah
dengan kalimat “Pengalaman adalah guru yang terbaik (Eksperience is the best teacher)”. Yang ini merupakan bentuk
belajar yang lebih mengena pada substansi maksud pembelajaran dari pada model
yang lain. Dengan pengalaman pula segala upaya untuk mengoptimalkan potensi
dasar yang dimiliki oleh manusia berupa akal akan semakin cepat tercapai dan
terealisasi. Sehingga manusia akan mampu membangun peradaban dan kebudayaannya
sendiri berdasarkan pemahamannya (Dr. Damardjati Supadjar, Nawangsari : Butir-Butir Renungan Agama-Spiritualitas-Budaya:2002).
Situasi seperti
itulah yang setidaknya dialami oleh penulis terkait pengalaman mengajar di MA
NUBanat Kudus, sebagai langkah untuk mereproduksi media keseharian menjadi
media praktis pembelajaran.
Penyusun sadar
bahwa selain berkat petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT sehingga penyusun
dapat melalui kegiatan PPL dengan lancar dan akhirnya dapat menyusun laporan
PPL ini. Maka dalam proses selesainya laporan ini sulit tercapai tanpa dukungan,
bimbingan, sumbangan gagasan, tenaga, modal, motivasi dan kerjasama yang baik
antar berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis lewat lembar terbatas ini juga
menghaturkan ucapan terima kasih yang melimpah kepada :
1.
Bapak Prof. DR. Abdul Hadi, MA, selaku Ketua STAIN Kudus.
2.
Bapak Drs. Thoifuri, M.Ag, selaku Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN
Kudus..
3.
Bapak H. Ahmad Hamdani, Lc. MA selaku Ketua Program Studi PBA.
4.
Bapak Dr. Syaekhan Muhith, selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang
telah meluangkan waktunya untuk membimbing penyusun.
5.
Bapak Drs. H.Moh Said, selaku Kepala MA NU Banat Kudus, yang telah
berkenan memberikan izin kepada mahasiswa praktikan untuk melaksanakan kegiatan
Praktik Profesi Lapangan (PPL) di lembaga yang dipimpinnya.
6.
Bapak Subhan selaku Waka Kurikulum MA NU Banat Kudus.
7.
Bapak Muh Khafidz, S.HI selaku
guru pamong yang telah memberi bimbingan dan bantuan kepada penyusun sehingga
bisa melaksanakan kegiatan Praktik Profesi Lapangan dengan baik.
8.
Bapak dan Ibuku tercinta beserta seluruh keluargaku yang tak
bosan-bosannya memberikan dukungan baik moril maupun materiil.
9.
Semua dosen maupun guru / murabbi yang pernah mendidik dan membina
penulis.
10. Ikhwan wal
akhowat dimanapun berada yang senantiasa mendukung dan memberikan inspirasi
bagi penulis.
11. Semua teman –
temanku yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, khususnya teman anggota
PPL yang selalu memberikan saran dan motifasi dalam menjalankan Praktik Profesi
Lapangan (PPL) dan pembuatan Laporan.
12.
Serta siswi - siswi MA NU Banat Kudus.
13.
Dan
seluruh pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan
bantuan baik fisik maupun psikis, sejak mulai dari pelaksanaan Praktik Profesi
Lapangan hingga penyusunan laporan ini.
Akhirnya bukan
harta dan benda yang dapat penulis berikan melainkan hanya do’a tulus ikhlas
dan harapan, semoga jasa beliau semua mendapatkan balasan yang berlipat ganda
di dunia dan di akhirat, jazakumullohu
khoiron katsiron.
Kudus, 29 Agustus 2010
Penyusun
LINA HIDAYATUN NISA'
NIM : 108199
DAFTAR ISI
Halaman
Judul .............................................................................................
Halaman
Pengesahan ...................................................................................
Kata
Pengantar .............................................................................................
Daftar Isi .....................................................................................................
BAB I : PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR
A.
Mata
Pelajaran Yang Diampu .........................................
B.
Jumlah
Tatap Muka .........................................................
C.
Kelas
Yang Diampu ........................................................
D.
Topik
Yang Diajarkan .....................................................
E.
Proses
Pelaksanaan Praktik Mengajar .............................
BAB II : PROBLEM YANG DIHADAPI
DAN SOLUSINYA
A.
Problem yang Dihadapi ..................................................
B.
Solusi ..............................................................................
C.
Kesan dalam Pembelajaran .............................................
BAB III : PRAKTIK KEPENDIDIKAN
Pelaksanaan
Praktik Kepandidikan .............................................................
BAB IV : PENUTUP
A.
Kesimpulan
.....................................................................
B.
Saran
– saran ...................................................................
C.
Penutup
...........................................................................
LAMPIRAN –
LAMPIRAN
BAB I
PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR
Praktik Profesi
Lapangan (PPL) di MA NU Banat Kudus, merupakan bagian dari serangkaian tugas
profesionalisme kependidikan dalam kurikulum STAIN Kudus dan merupakan salah
satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa strata 1 (S1) yang akan
menyelesaikan studinya.
Praktik Profesi Lapangan (PPL) di Madrasah
Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Banat Kudus yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2011 sampai dengan 18 Agustus 2011. Yang diikuti oleh 12
mahasiswa praktikan (9 PAI dan 3 PBA). Dalam menjalankan tugas mengajar
mahasiswa praktikan diberi tugas mengajar minimal 10 kali pertemuan dengan
alokasi waktu masing-masing 1 jam pelajaran, kemudian dalam pelaksanaan
tugas-tugas tersebut disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan dari MA NU
Banat Kudus.
A.
Mata Pelajaran
Yang Diampu
Mata pelajaran
yang diampu oleh mahasiswa praktikan terdiri dari pelajaran PBA meliputi :
Bahasa Arab dan rumpun-rumpunnya (Nahwu, Shorof, Balaghoh, Muhadatsah ). Serta
kadang-kadang kami juga mengajar pada jam – jam yang kosong seluruh mata
pelajaran.
Dalam hal ini
penulis mendapat tugas mengajar sebanyak 12 kali di 6 kelas yang berbeda, dan
mengampu mata pelajaran bahasa Arab kesemuanya.
B.
Jumlah Tatap
Muka
Dalam setiap
pertemuan guru praktikan mengajar materi yang berbeda dengan alokasi waktu satu
jam palajaran (1 x 45 menit), jika dua jam palajaran waktunya 90 menit. Namun
jika saat bulan Ramadhan biasanya dialokasikan 25 menit. Sedangkan waktu
mengajar disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan oleh MA. NU Banat Kudus.
Selama dalam
pelaksanaan Praktik Profesi Lapangan (PPL) di MA. NU Banat Kudus penulis
mendapat tugas mengajar dengan jumlah tatap muka sebagai berikut :
|
Pert
|
Hari / Tanggal
|
Mapel
|
Jam
|
Kelas
|
Jml. Siswi
|
Waktu
|
|
1.
|
Ahad / 24
Juli 2011
|
BAHASA ARAB
|
V
|
X.5
|
46
|
1 x 45 menit
|
|
2.
|
Senin / 25
Juli 2011
|
II
|
X.4
|
46
|
1 x 45 menit
|
|
|
3.
|
Selasa / 26 Juli 2011
|
VIII
|
X.5
|
46
|
1 x 45 menit
|
|
|
4.
|
Selasa / 26 Juli 2011
|
IV
|
X.6
|
46
|
1 x 45 menit
|
|
|
5.
|
Rabu / 27 Juli 2011
|
VI
|
X.1
|
44
|
1 x 45 menit
|
|
|
6.
|
Kamis / 28 Juli 2011
|
III
|
X.3
|
46
|
1 x 45 menit
|
|
|
7.
|
Rabu / 03Agst
2011
|
V
|
X.1
|
44
|
1 x 25 menit
|
|
|
8.
|
Ahad / 07 Agst 2011
|
V
|
X.5
|
46
|
1 x 25 menit
|
|
|
9.
|
Senin / 08 Agst 2011
|
I
|
X.4
|
46
|
1 x 25 menit
|
|
|
10.
|
Senin / 08 Agst 2011
|
VI
|
X.3
|
46
|
1 x 25 menit
|
|
|
11.
|
Selasa / 09 Agst 2011
|
IV
|
X.6
|
46
|
1 x 25 menit
|
|
|
12.
|
Selasa / 09 Agst 2011
|
VIII
|
X.5
|
46
|
1 x 25 menit
|
C.
Kelas Yang
Diampu
Guru
praktikan dalam mengajar mendapatkan kelas yang berbeda, hal ini dikarenakan
jumlah guru praktikan yang banyak disesuaikan denagn kelas yang ada di MA NU
Banat Kudus, tetapi ada sebagian guru praktikan yang mengajar pada kelas yang
sama.
Kelas yang
penulis ampu hampir kesemuanya kelas X, dengan ketentuan sebagai berikut :
|
Pert
|
Hari / Tanggal
|
Mapel
|
Jam
|
Kelas
|
Jml. Siswi
|
Guru Pamong
|
|
1.
|
Ahad / 24 Juli 2011
|
BAHASA ARAB
|
V
|
X.5
|
46
|
Muh. Khafidz, S. HI
|
|
2.
|
Senin / 25 Juli 2011
|
II
|
X.4
|
46
|
||
|
3.
|
Selasa / 26 Juli 2011
|
VIII
|
X.5
|
46
|
||
|
4.
|
Selasa / 26 Juli 2011
|
IV
|
X.6
|
46
|
||
|
5.
|
Rabu / 27 Juli 2011
|
VI
|
X.1
|
44
|
||
|
6.
|
Kamis / 28 Juli 2011
|
III
|
X.3
|
46
|
||
|
7.
|
Rabu / 03Agst 2011
|
V
|
X.1
|
44
|
||
|
8.
|
Ahad / 07 Agst 2011
|
V
|
X.5
|
46
|
||
|
9.
|
Senin / 08 Agst 2011
|
I
|
X.4
|
46
|
||
|
10.
|
Senin / 08 Agst 2011
|
VI
|
X.3
|
46
|
||
|
11.
|
Selasa / 09 Agst 2011
|
IV
|
X.6
|
46
|
||
|
12.
|
Selasa / 09 Agst 2011
|
VIII
|
X.5
|
46
|
D.
Topik Yang
Diajarkan
Materi
yang ditugaskan kepada penulis terdiri dari materi pelajaran PBA.
Adapun
perincian materi pada masing-masing pertemuan adalah sebagai berikut :
|
Pert
|
Hari / Tanggal
|
Mapel
|
Jam
|
Kelas
|
Jml. Siswi
|
Materi Pelajaran
|
|
1.
|
Ahad
24 Juli 2011
|
BAHASA ARAB
|
V
|
X.5
|
46
|
Istima’ tentang تعارف
(طالبات جديدات فى المدرسة العالية)
|
|
2.
|
Senin
25 Juli 2011
|
II
|
X.4
|
46
|
Istima’ tentang تعارف
(طالبات جديدات فى المدرسة العالية)
|
|
|
3.
|
Selasa
26 Juli 2011
|
VIII
|
X.5
|
46
|
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة
|
|
|
4.
|
Selasa
26 Juli 2011
|
IV
|
X.6
|
46
|
Istima’ tentang تعارف
( ( التعلم فى المدرسة العالية
|
|
|
5.
|
Rabu
27 Juli 2011
|
VI
|
X.1
|
44
|
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة
|
|
|
6.
|
Kamis
28 Juli 2011
|
III
|
X.3
|
46
|
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة
|
|
|
7.
|
Rabu
03Agst 2011
|
V
|
X.1
|
44
|
Qiroah tentang
شخصية بطاقة
|
|
|
8.
|
Ahad
07 Agst 2011
|
V
|
X.5
|
46
|
Qiroah tentang
شخصية بطاقة
|
|
|
9.
|
Senin
08 Agst 2011
|
I
|
X.4
|
46
|
Kaidah tentang
مبتدأ و الخبر
|
|
|
10.
|
Senin
08 Agst 2011
|
VI
|
X.3
|
46
|
Kitabah tentang
فى السكن
|
|
|
11.
|
Selasa
09 Agst 2011
|
IV
|
X.6
|
46
|
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة
|
|
|
12.
|
Selasa
09 Agst 2011
|
VIII
|
X.5
|
46
|
Kaidah tentang
مبتدأ و الخبر
|
E.Proses
Pelaksanaan Praktik Mengajar
Dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa kegiatan yang
dilakukan oleh seorang guru diantaranya :
- Persiapan
Belajar
mengajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat
fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Oleh
sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar perlu adanya perencanaan dan
persiapan yang sangat matang, pelaksanaan yang profesional dan evaluasi yang
berkesinambungan.
Langkah awal
sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai terlebih dahulu diadakan persiapan,
yaitu merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang jelas karena disini
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan acuan kegiatan belajar
mengajar dan di dalamnya akan diketahui kompetensi hasil belajar, materi dan
keseluruhan proses kegiatan belajar mengajar dari awal sampai akhir. Sehubungan
dengan hal tersebut, maka rencana pembelajaran yang digunakan terdiri dari :
a.
Tujuan Pembelajaran
b.
Materi Ajar
c.
Metode Pembelajaran
d.
Langkah-langkah Pembelajar
1)
Pendahuluan (kegiatan awal)
2)
Kegiatan inti
3)
Penutup (kegiatan akhir)
e.
Media dan Sumber Belajar
f.
Penilaian.
- Proses Belajar Mengajar
Didalam proses
belajar mengajar terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru praktikan,
yaitu :
a.
Pendahuluan
Didalam
pendahuluan ini, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan dengan materi yang
dipelajari sebelumnya (Apersepsi). Dalam rangka pengkondisian dan untuk
mengetahui kembali ingatan-ingatan para siswa tentang materi pelajaran yang
lalu, dan memberikan motivasi untuk belajar.
b.
Penyampaian materi
Guru praktikan
menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
yang telah dibuat.
- Metode
Metode yang
digunakan adalah Aural Oral Approach (sam’iyah wa syafawiyah), Giving
question and getting answer,
index card match, ceramah, dikte,
diskusi dan diskusi guna mengetahui
sejauh mana respon siswa terhadap materi.
- Media/ Sumber Belajar
Agar proses
belajar mengajar lebih efektif dan efisien serta memudahkan siswa untuk
memahami dan menyerap materi yang akan disampaikan, maka dibutuhkan media, alat
atau sarana yang berkaitan dengan materi yanga kan diajarkan.
Dan media atau sumber
yang digunakan penulis adalah buku-buku pelajaran yang sesuai dengan peraturan
Menteri Agama RI yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan, dan resuman yang
diambil dari web internet yang bersangkutan dengan materi, juga kartu yang
berkaitan, serta bagan-bagan yang sesuai dengan mata pelajaran.
- Penilaian/ Evaluasi
Untuk
mengetahui ketercapaian serta ketentuan belajar maka pada akhir pelajaran
diberikan evaluasi untuk mengukur dan menilai seberapa jauh daya tangkap siswa
terhadap meteri. Adapun evaluasi yang digunakan adalah sesuai dengan prosedur
madrasah dan disesuaikan dengan indikator hasil yang dirumuskan dalam Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
BAB II
PROBLEM YANG DIHADAPI
A.
Problem Yang Dihadapi
Dalam pelaksanaan praktik mengajar ini, terasa
tidak ditemui hambatan yang signifikan, dalam arti hambatan yang dapat
menggagalkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hal ini dikarenakan pada
siswa ada semangat yang optimal walaupun tidak 100%.
Adapun hambatan yang penyusun hadapi dalam
proses KBM dan pelaksanaan PPL adalah sebagai berikut :
- Peserta didik sering tidak membawa buku pelajaran masing-masing karena jadwal sering berubah-rubah sampai 4 revisi, sehingga membuat peserta didik kebingungan.
- Dalam mengkondisikan kelas khususnya setelah jam istirahat pesera didik masih sibuk menyantap jajannya, hal itu dikarenakan antrian panjang di kantin. Jadi waktu KBM secara otomatis terkurangi.
- Guru pamong bergantian jam pelajaran dengan guru lain tanpa menginformasikan pada peserta didik terlebih dahulu, sehingga peserta didik tidak mengetahui jadwal pelajaran yang pasti.
- Terlalu banyak peserta didik, sehingga perhatian kita kurang merata.
B.
Solusi
- Melakukan koordinasi dengan DPL dan disampaikan kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum sehingga masalah dapat terpecahkan dengan melalui guru pamong dan akhirnya tersosialisasi.
- Guru praktikan melakukan serangkaian kegiatan mengajar dengan mengaplikasikan metode yang cukup bervarian dan cukup banyak menggunakan strategi yang dapat menarik perhatian siswa dalam belajar supaya lebih berantusias.
- Guru praktikan harus bisa menguasai kelas, bagaimana caranya agar anak didik dapat tertarik dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing guru praktikan.
- Untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan agar tidak terlambat maka berangkat dari rumah lebih pagi.
- Para guru praktikan harus berusaha beradaptasi dengan situasi tempat mereka melaksanakan PPL walau dengan penuh keterbatasan.
C.
Kesan Dalam Pembelajaran
Adapun kesan dalam Kegiatan Belajar Mengajar
(KBM) adalah adanya sikap siswa yang proaktif dan sangat konstruktif dalam partisipasi
mereka mensukseskan KBM. Hal ini terlihat dari kesungguhan mereka dalam
mengerjakan tugas dan semangat belajar mereka. Meskipun mereka tahu bahwa para
guru praktikan juga masih belajar mengajar, tetapi mereka memperlakukan guru
praktikan layaknya guru sungguhan seperti guru mereka sebenarnya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar