Senin, 06 Januari 2014



LAPORAN INDIVIDU

PRAKTIK PROFESI LAPANGAN ( PPL )
DI MA NU BANAT KUDUS SEMESTER GASAL
TAHUN AKADEMIK 2011/2012





DISUSUN OLEH :
LATHIFATUL HIDAYAH
NIM : 108199

JENJANG STUDI STRATA 1
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB ( PBA )
JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
TAHUN 2011
PENGESAHAN


Laporan  individu praktik provesi lapangan  ( PPL ) di Madrasah Aliyah NU Banat Kudus yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli s/d 29 Agustus 2011 oleh:


Nama                                  :  Lathifatul Hidayah
NIM                                    :  108199
Jenjang Studi                      :  Strata 1
Program Studi                     :  Pendidikan Bahasa Arab ( PBA )
Jurusan                                :  Tarbiyah



            Dapat disyahkan dan diterima sebagai salah satu syarat guna menyelesaikan Jenjang Studi Strata 1 Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Kudus.





                                                                                    Kudus, 29 Agustus 2011

Dosen Pembimbing Lapangan                                    Kepala MA Banat NU Kudus


Dr. Syaekhan Mehith                                                  Drs. H. Moh Said

KATA PENGANTAR

Syukur wa Alhamdulillah, segala puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat, taufiq, hidayah serta inayah-Nya, sehingga penulis dapat menyelesaikan Laporan Individu Praktek Profesi Lapangan (PPL) untuk memenuhi salah satu syarat menyelesaikan Studi Program PBA Strata 1 Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus. Tidak lupa sholawat serta salam semoga terlimpahkan kepada Beliau tauladan umat manusia, junjungan kita Nabi Muhammad SAW, yang telah membawa kita dari zaman jahiliyah  menuju zaman islamiyah, dan semoga terlimpah pula pada keluarganya, sahabat serta orang-orang yang ikhlas istiqomah berjihad di jalan Islam hingga akhir zaman.
Pada kesempatan kali ini, penyusun mencoba menskemakan sebuah pembelajaran yang paling efektif, yakni belajar dari pengalaman. Salah satu bentuk pengejawantahannya adalah dengan kalimat “Pengalaman adalah guru yang terbaik (Eksperience is the best teacher)”. Yang ini merupakan bentuk belajar yang lebih mengena pada substansi maksud pembelajaran dari pada model yang lain. Dengan pengalaman pula segala upaya untuk mengoptimalkan potensi dasar yang dimiliki oleh manusia berupa akal akan semakin cepat tercapai dan terealisasi. Sehingga manusia akan mampu membangun peradaban dan kebudayaannya sendiri berdasarkan pemahamannya (Dr. Damardjati Supadjar, Nawangsari : Butir-Butir Renungan Agama-Spiritualitas-Budaya:2002).
Situasi seperti itulah yang setidaknya dialami oleh penulis terkait pengalaman mengajar di MA NUBanat Kudus, sebagai langkah untuk mereproduksi media keseharian menjadi media praktis pembelajaran.
Penyusun sadar bahwa selain berkat petunjuk dan pertolongan dari Allah SWT sehingga penyusun dapat melalui kegiatan PPL dengan lancar dan akhirnya dapat menyusun laporan PPL ini. Maka dalam proses selesainya laporan ini sulit tercapai tanpa dukungan, bimbingan, sumbangan gagasan, tenaga, modal, motivasi dan kerjasama yang baik antar berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis lewat lembar terbatas ini juga menghaturkan ucapan terima kasih yang melimpah kepada :
1.      Bapak Prof. DR. Abdul Hadi, MA, selaku Ketua STAIN Kudus.
2.      Bapak Drs. Thoifuri, M.Ag, selaku Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Kudus..
3.      Bapak H. Ahmad Hamdani, Lc. MA selaku Ketua Program Studi PBA.
4.      Bapak Dr. Syaekhan Muhith, selaku Dosen Pembimbing Lapangan yang telah meluangkan waktunya untuk membimbing penyusun.
5.      Bapak Drs. H.Moh Said, selaku Kepala MA NU Banat Kudus, yang telah berkenan memberikan izin kepada mahasiswa praktikan untuk melaksanakan kegiatan Praktik Profesi Lapangan (PPL) di lembaga yang dipimpinnya.
6.      Bapak Subhan selaku Waka Kurikulum MA NU Banat Kudus.
7.      Bapak Muh Khafidz, S.HI selaku guru pamong yang telah memberi bimbingan dan bantuan kepada penyusun sehingga bisa melaksanakan kegiatan Praktik Profesi Lapangan dengan baik.
8.      Bapak dan Ibuku tercinta beserta seluruh keluargaku yang tak bosan-bosannya memberikan dukungan baik moril maupun materiil.
9.      Semua dosen maupun guru / murabbi yang pernah mendidik dan membina penulis.
10.  Ikhwan wal akhowat dimanapun berada yang senantiasa mendukung dan memberikan inspirasi bagi penulis.
11.  Semua teman – temanku yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu, khususnya teman anggota PPL yang selalu memberikan saran dan motifasi dalam menjalankan Praktik Profesi Lapangan (PPL) dan pembuatan Laporan.
12.  Serta siswi - siswi MA NU Banat Kudus.
13.  Dan seluruh pihak yang secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan bantuan baik fisik maupun psikis, sejak mulai dari pelaksanaan Praktik Profesi Lapangan hingga penyusunan laporan ini.
Akhirnya bukan harta dan benda yang dapat penulis berikan melainkan hanya do’a tulus ikhlas dan harapan, semoga jasa beliau semua mendapatkan balasan yang berlipat ganda di dunia dan di akhirat, jazakumullohu khoiron katsiron.


Kudus, 29 Agustus 2010
Penyusun


LINA HIDAYATUN NISA'
NIM : 108199



    











DAFTAR ISI


Halaman Judul   .............................................................................................
Halaman Pengesahan   ...................................................................................
Kata Pengantar  .............................................................................................
Daftar Isi   .....................................................................................................

BAB I             : PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR
A.    Mata Pelajaran Yang Diampu  .........................................
B.     Jumlah Tatap Muka  .........................................................
C.     Kelas Yang Diampu  ........................................................
D.    Topik Yang Diajarkan  .....................................................
E.     Proses Pelaksanaan Praktik Mengajar  .............................

BAB II                        : PROBLEM YANG DIHADAPI DAN SOLUSINYA
A.    Problem yang Dihadapi  ..................................................           
B.     Solusi  ..............................................................................
C.     Kesan dalam Pembelajaran  .............................................           

BAB III          : PRAKTIK KEPENDIDIKAN
Pelaksanaan Praktik Kepandidikan   .............................................................

BAB IV          : PENUTUP
A.    Kesimpulan  .....................................................................
B.     Saran – saran  ...................................................................
C.     Penutup  ...........................................................................

LAMPIRAN – LAMPIRAN


BAB I
PENGALAMAN PRAKTIK MENGAJAR

Praktik Profesi Lapangan (PPL) di MA NU Banat Kudus, merupakan bagian dari serangkaian tugas profesionalisme kependidikan dalam kurikulum STAIN Kudus dan merupakan salah satu mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa strata 1 (S1) yang akan menyelesaikan studinya.
            Praktik Profesi Lapangan (PPL) di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Banat Kudus yang dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2011 sampai dengan  18 Agustus 2011. Yang diikuti oleh 12 mahasiswa praktikan (9 PAI dan 3 PBA). Dalam menjalankan tugas mengajar mahasiswa praktikan diberi tugas mengajar minimal 10 kali pertemuan dengan alokasi waktu masing-masing 1 jam pelajaran, kemudian dalam pelaksanaan tugas-tugas tersebut disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan dari MA NU Banat Kudus.

A.    Mata Pelajaran Yang Diampu
Mata pelajaran yang diampu oleh mahasiswa praktikan terdiri dari pelajaran PBA meliputi : Bahasa Arab dan rumpun-rumpunnya (Nahwu, Shorof, Balaghoh, Muhadatsah ). Serta kadang-kadang kami juga mengajar pada jam – jam yang kosong seluruh mata pelajaran.
Dalam hal ini penulis mendapat tugas mengajar sebanyak 12 kali di 6 kelas yang berbeda, dan mengampu mata pelajaran bahasa Arab kesemuanya.

B.     Jumlah Tatap Muka
Dalam setiap pertemuan guru praktikan mengajar materi yang berbeda dengan alokasi waktu satu jam palajaran (1 x 45 menit), jika dua jam palajaran waktunya 90 menit. Namun jika saat bulan Ramadhan biasanya dialokasikan 25 menit. Sedangkan waktu mengajar disesuaikan dengan jadwal yang telah ditentukan oleh MA. NU Banat Kudus.
Selama dalam pelaksanaan Praktik Profesi Lapangan (PPL) di MA. NU Banat Kudus penulis mendapat tugas mengajar dengan jumlah tatap muka sebagai berikut :

Pert
Hari / Tanggal
Mapel
Jam
Kelas
Jml. Siswi
Waktu
1.
Ahad   /  24 Juli 2011
BAHASA    ARAB
V
X.5
46
1 x 45 menit
2.
Senin   /  25 Juli 2011
II
X.4
46
1 x 45 menit
3.
Selasa   /  26 Juli 2011
VIII
X.5
46
1 x 45 menit
4.
Selasa   / 26 Juli 2011
IV
X.6
46
1 x 45 menit
5.
Rabu    / 27 Juli 2011
VI
X.1
44
1 x 45 menit
6.
Kamis   / 28 Juli 2011
III
X.3
46
1 x 45 menit
7.
Rabu    /  03Agst 2011
V
X.1
44
1 x 25 menit
8.
Ahad    / 07 Agst 2011
V
X.5
46
1 x 25 menit
9.
Senin   /  08 Agst 2011
I
X.4
46
1 x 25 menit
10.
Senin  /   08 Agst 2011
VI
X.3
46
1 x 25 menit
11.
Selasa  /  09 Agst 2011
IV
X.6
46
1 x 25 menit
12.
Selasa  /  09 Agst 2011
VIII
X.5
46
1 x 25 menit


C.    Kelas Yang Diampu
Guru praktikan dalam mengajar mendapatkan kelas yang berbeda, hal ini dikarenakan jumlah guru praktikan yang banyak disesuaikan denagn kelas yang ada di MA NU Banat Kudus, tetapi ada sebagian guru praktikan yang mengajar pada kelas yang sama.
Kelas yang penulis ampu hampir kesemuanya kelas X, dengan ketentuan sebagai berikut :


Pert
Hari / Tanggal
Mapel
Jam
Kelas
Jml. Siswi
Guru Pamong
1.
Ahad   /  24 Juli 2011
BAHASA ARAB
V
X.5
46
Muh. Khafidz, S. HI
2.
Senin   /  25 Juli 2011
II
X.4
46
3.
Selasa   /  26 Juli 2011
VIII
X.5
46
4.
Selasa   / 26 Juli 2011
IV
X.6
46
5.
Rabu    / 27 Juli 2011
VI
X.1
44
6.
Kamis   / 28 Juli 2011
III
X.3
46
7.
Rabu    /  03Agst 2011
V
X.1
44
8.
Ahad    / 07 Agst 2011
V
X.5
46
9.
Senin   /  08 Agst 2011
I
X.4
46
10.
Senin  /   08 Agst 2011
VI
X.3
46
11.
Selasa  /  09 Agst 2011
IV
X.6
46
12.
Selasa  /  09 Agst 2011
VIII
X.5
46
 

D.    Topik Yang Diajarkan
Materi yang ditugaskan kepada penulis terdiri dari materi pelajaran PBA.
Adapun perincian materi pada masing-masing pertemuan adalah sebagai berikut :

Pert
Hari / Tanggal
Mapel
Jam
Kelas
Jml. Siswi
Materi Pelajaran
1.
Ahad    
24 Juli 2011
BAHASA  ARAB

V
X.5
46
Istima’ tentang تعارف
 (طالبات جديدات فى المدرسة العالية)
2.
Senin 
 25 Juli 2011
II
X.4
46
Istima’ tentang تعارف
(طالبات جديدات فى المدرسة العالية)
3.
Selasa  
26 Juli 2011
VIII
X.5
46
Kalam tentang 
المحافظة على امن المدرسة  
4.
Selasa   
 26 Juli 2011
IV
X.6
46
Istima’ tentang تعارف
( ( التعلم فى المدرسة العالية
5.
Rabu  
27 Juli 2011
VI
X.1
44
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة  
6.
Kamis 
 28 Juli 2011
III
X.3
46
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة  
7.
Rabu   
03Agst 2011
V
X.1
44
Qiroah tentang
شخصية   بطاقة
8.
Ahad    
 07 Agst 2011
V
X.5
46
Qiroah tentang
شخصية   بطاقة
9.
Senin  
  08 Agst 2011
I
X.4
46
Kaidah tentang
مبتدأ و الخبر
10.
Senin  
   08 Agst 2011
VI
X.3
46
Kitabah tentang
فى السكن
11.
Selasa 
  09 Agst 2011
IV
X.6
46
Kalam tentang
المحافظة على امن المدرسة  
12.
Selasa 
 09 Agst 2011
VIII
X.5
46
Kaidah tentang
مبتدأ و الخبر

E.Proses Pelaksanaan Praktik Mengajar
            Dalam proses belajar mengajar terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh seorang guru diantaranya :
  1. Persiapan
Belajar mengajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam setiap penyelenggaraan jenis dan jenjang pendidikan. Oleh sebab itu dalam kegiatan belajar mengajar perlu adanya perencanaan dan persiapan yang sangat matang, pelaksanaan yang profesional dan evaluasi yang berkesinambungan.
Langkah awal sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai terlebih dahulu diadakan persiapan, yaitu merumuskan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang jelas karena disini Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan acuan kegiatan belajar mengajar dan di dalamnya akan diketahui kompetensi hasil belajar, materi dan keseluruhan proses kegiatan belajar mengajar dari awal sampai akhir. Sehubungan dengan hal tersebut, maka rencana pembelajaran yang digunakan terdiri dari :
a.       Tujuan Pembelajaran
b.      Materi Ajar
c.       Metode Pembelajaran
d.      Langkah-langkah Pembelajar
1)      Pendahuluan (kegiatan awal)
2)      Kegiatan inti
3)      Penutup (kegiatan akhir)
e.       Media dan Sumber Belajar
f.       Penilaian.

  1. Proses Belajar Mengajar
Didalam proses belajar mengajar terdapat beberapa kegiatan yang dilakukan oleh guru praktikan, yaitu :
a.      Pendahuluan
Didalam pendahuluan ini, guru memberikan pertanyaan-pertanyaan dengan materi yang dipelajari sebelumnya (Apersepsi). Dalam rangka pengkondisian dan untuk mengetahui kembali ingatan-ingatan para siswa tentang materi pelajaran yang lalu, dan memberikan motivasi untuk belajar.
b.      Penyampaian materi
Guru praktikan menyampaikan materi pelajaran sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah dibuat.

  1. Metode
Metode yang digunakan adalah Aural Oral Approach (sam’iyah wa syafawiyah), Giving question and getting answer, index card match, ceramah, dikte,  diskusi dan diskusi guna mengetahui sejauh mana respon siswa terhadap materi.

  1. Media/ Sumber Belajar
Agar proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien serta memudahkan siswa untuk memahami dan menyerap materi yang akan disampaikan, maka dibutuhkan media, alat atau sarana yang berkaitan dengan materi yanga kan diajarkan.
Dan media atau sumber yang digunakan penulis adalah buku-buku pelajaran yang sesuai dengan peraturan Menteri Agama RI yang mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan, dan resuman yang diambil dari web internet yang bersangkutan dengan materi, juga kartu yang berkaitan, serta bagan-bagan yang sesuai dengan mata pelajaran.

  1. Penilaian/ Evaluasi
Untuk mengetahui ketercapaian serta ketentuan belajar maka pada akhir pelajaran diberikan evaluasi untuk mengukur dan menilai seberapa jauh daya tangkap siswa terhadap meteri. Adapun evaluasi yang digunakan adalah sesuai dengan prosedur madrasah dan disesuaikan dengan indikator hasil yang dirumuskan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).


BAB II
PROBLEM YANG DIHADAPI

A.    Problem Yang Dihadapi
Dalam pelaksanaan praktik mengajar ini, terasa tidak ditemui hambatan yang signifikan, dalam arti hambatan yang dapat menggagalkan proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). Hal ini dikarenakan pada siswa ada semangat yang optimal walaupun tidak 100%.
Adapun hambatan yang penyusun hadapi dalam proses KBM dan pelaksanaan PPL adalah sebagai berikut :
  1. Peserta didik sering tidak membawa buku pelajaran masing-masing karena jadwal sering berubah-rubah sampai 4 revisi, sehingga membuat peserta didik kebingungan.
  2. Dalam mengkondisikan kelas khususnya setelah jam istirahat pesera didik masih sibuk menyantap jajannya, hal itu dikarenakan antrian panjang di kantin. Jadi waktu KBM secara otomatis terkurangi.
  3. Guru pamong bergantian jam pelajaran dengan guru lain tanpa menginformasikan pada peserta didik terlebih dahulu, sehingga peserta didik tidak mengetahui jadwal pelajaran yang pasti.
  4. Terlalu banyak peserta didik, sehingga perhatian kita kurang merata.

B.     Solusi
  1. Melakukan koordinasi dengan DPL dan disampaikan kepada wakil kepala sekolah bidang kurikulum sehingga masalah dapat terpecahkan dengan melalui guru pamong dan akhirnya tersosialisasi.
  2. Guru praktikan melakukan serangkaian kegiatan mengajar dengan mengaplikasikan metode yang cukup bervarian dan cukup banyak menggunakan strategi yang dapat menarik perhatian siswa dalam belajar supaya lebih berantusias.
  3. Guru praktikan harus bisa menguasai kelas, bagaimana caranya agar anak didik dapat tertarik dengan mata pelajaran yang diampu oleh masing-masing guru praktikan.
  4. Untuk menghindari kemacetan lalu lintas dan agar tidak terlambat maka berangkat dari rumah lebih pagi.
  5. Para guru praktikan harus berusaha beradaptasi dengan situasi tempat mereka melaksanakan PPL walau dengan penuh keterbatasan.

C.    Kesan Dalam Pembelajaran
Adapun kesan dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) adalah adanya sikap siswa yang proaktif dan sangat konstruktif dalam partisipasi mereka mensukseskan KBM. Hal ini terlihat dari kesungguhan mereka dalam mengerjakan tugas dan semangat belajar mereka. Meskipun mereka tahu bahwa para guru praktikan juga masih belajar mengajar, tetapi mereka memperlakukan guru praktikan layaknya guru sungguhan seperti guru mereka sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar